Ekspedisi Gubernur: Pegunungan Arfak yang Memesona Wisatawan

Home / Wisata / Ekspedisi Gubernur: Pegunungan Arfak yang Memesona Wisatawan
Ekspedisi Gubernur: Pegunungan Arfak yang Memesona Wisatawan Ekspedisi Gubernur: Pegunungan Arfak yang Memesona Wisatawan

TIMESJAMBI, PAPUA – Saat mengunjungi Papua Barat banyak orang bilang kurang lengkap jika tidak mengunjungi Pegunungan Arfak. Tim Ekspedisi Gubernur berkesempatan menikmati indahnya pegunungan di Kabupaten Pegaf, Provinsi Papua Barat ini.

Pegunungan Arfak berada di ketinggihan 2950 mdpl (meter di bawah permukaan laut). Letaknya berada di sebelah utara Kabupaten Pegaf berbatasan dengan Kabupaten Manokwari. Sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Manokwari Selatan, sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Teluk Bintun, dan sisi baratnya berbatasan dengan Kabupaten Sorong Selatan. 

Pegunungan-Arfak-Papua-Barat-5.jpg

Kabupaten Pegunungan Arfak (Pegaf), Papua Barat, jauh berada di kawasan hutan dengan kondisi jalan yang ekstrem perlu membutuhkan kendaraan doubel cabin untuk bisa mengunjungi daerah yang masih asli nuansa alam Papua. 

Kabupaten Arfak memiliki 10 distrik. Pusat di Distrik Anggi. Distrik Anggi sendiri memiliki 15 kampung yakni Kostera, Bahama, Testega, Irai, Imbai, Mboindidip, Suteibey, Hungku, Susi, Uper, Ullong, Ayau, Serubey, dan Menubei.  

Pegunungan-Arfak-Papua-Barat-7.jpg

Seperti halnya orang-orang Pulau Papua pada umumnya, jika berwisata di Pegaf akan menemukan masyarakat yang menggunakan noken bercorak Arfak. Senjatanya berupa parang dan panah.

Sehari-hari aktivitas masyarakat yang hidup di sekitar Pegunungan Pegaf adalah berkebun atau berladang. Selain itu, mereka juga memanfaatkan danau dengan menjaring ikan mujair atau ikan emas di sana. 

Pegunungan-Arfak-Papua-Barat-2.jpg

Warga pegaf pada umumnya juga menanam sayuran yang juga untuk memenuhi kebutuhan bagi konsumsi Kota Manokwari. Sayur yang dihasilkan berupa kol, sawi, wortel, kentang, bawang hingga ubi jalar. Bagi para wisatawan yang ingin berpetualangan di Papua Barat Pegaf-lah jawabannya. Beruntung tim Ekspedisi Gubernur bisa menikmati Pegunungan Arfak. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com