Ridwan Kamil: Pancasila Perekat Bangsa Indonesia

Home / Berita / Ridwan Kamil: Pancasila Perekat Bangsa Indonesia
Ridwan Kamil: Pancasila Perekat Bangsa Indonesia Gubernur Jabar Ridwan Kamil usai mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila melalui video conference di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Senin (1/6/20). (Foto: Humas Jabar for TIMES Indonesia)

TIMESJAMBI, BANDUNGGubernur Jabar Ridwan Kamil mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila melalui video conference di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Senin (1/6/20). 

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini dilakukan secara daring, karena dalam situasi pandemi Covid-19. Presiden RI Joko Widodo memimpin langsung upacara dari Istana Presiden Bogor. Upacara diikuti oleh semua kementerian, lembaga, gubernur, dan bupati/wali kota se-Indonesia. 

Usai mengikuti upacara, Gubernur Jabar mengatakan, Indonesia lahir dari perbedaan, mulai dari agama, suku bangsa, budaya, sampai bahsa, yang merupakan rahmat dari Allah SWT. 

"Namun pendiri bangsa kita mencari persamaan dari perbedaan itu, maka disepakati Pancasila sebagai dasar ideologi kita," kata gubernur. 

Menurut Ridwan, Pancasila adalah perekat bangsa Indonesia. Kang Emil pun meminta semua warga Indonesia, khususnya warga Jabar, untuk mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa. 

"Jangan sampai tergoda oleh ideologi agama yang membuat kita tercerai-berai, dan negara bubar seperti India-Bangladesh-Pakistan. Jangan tergoda oleh ideologi berbasis suku bangsa, maka kita akan pecah seperti Yugoslavia menjadi Montenegro dan Bosnia dan negara lain di sekitarnya," ucap Gubernur Jabar Ridwan Kamil.(*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com