Dua PDP Banyuwangi Dirujuk Perawatan ke Jember

Home / Berita / Dua PDP Banyuwangi Dirujuk Perawatan ke Jember
Dua PDP Banyuwangi Dirujuk Perawatan ke Jember Kadinkes Banyuwangi, dr Wiji Lestariono. (FOTO: Istimewa)

TIMESJAMBI, BANYUWANGI – Dua Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Banyuwangi, dikabarkan dirawat di Jember. Info dilapangan, kedua pasien virus Corona (Covid-19) tersebut sebelumnya dirawat di Rumah Sakit (RS) Al Huda, Genteng dan RS Bhakti Husada, Krikilan, Glenmore.

Kepala Bidang Pelayanan Keperawatan RS Bhakti Husada Krikilan, Ahsan Syaiful Rizal membenarkan kabar tersebut. Menurutnya, pasien awalnya hanya berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP). Setelah meningkat menjadi PDP, akhirnya dilarikan ke RS rujukan Covid-19.

“Rumah sakit Krikilan bukan rumah sakit rujukan, kita hanya merawat pasien yang masih berstatus ODP, jika meningkat PDP, langsung kita bawa ke rumah sakit rujukan,” katanya, Jumat (10/4/2020).

Saat itu, masih Ahsan, RSUD Blambangan, sedang penuh dan terdapat beberapa ruangan yang masih dalam tahap renovasi. Setelah dikoordinasikan, demi kelangsungan proses perawatan pasien akhirnya diputuskan dirujuk ke RS Citra Husada, Jember.

“Kurang lebih semingguan lalu. Di Banyuwangi, rumah sakit rujukan (Covid-19) hanya satu, RSUD Blambangan, di Jember lebih banyak. Dan rumah sakit rujukan saja yang bisa mendapat fasilitas tambahan dari Kementerian,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Banyuwangi, dr Wiji Lestariono, menyampaikan bahwa seluruh biaya untuk kasus pandemi Covid-19 ditanggung pemerintah. Dan meski dirawat di Jember, kedua PDP tetap menjadi tanggung jawab Pemerintah Daerah Banyuwangi.

“Tetap menjadi kasus Banyuwangi, meskipun dirawat di Jember,” katanya. (*)

Baca Berita Peristiwa dan Politik terbaru di Indonesia dan luar negeri lainnya hanya di TIMES Indonesia.

Berita Lainnya

Komentar

Top
satriamedia.com